KIOSS UNDIP

Komunitas Open Source Software Universitas Diponegoro

F.A.Q Open Souce

Mengapa menggunakan open source?
Alasan utama organisasi TI beralih ke open source adalah biaya: perangkat lunak open source datang tanpa biaya lisensi. Alasan lain termasuk mendapatkan terbaru dalam inovasi, kontrol sumber kode, dan netralitas vendor.

Apa perbedaan antara perangkat lunak open source, freeware dan shareware?
Freeware mengacu pada executable yang tersedia bebas untuk digunakan, tetapi tidak seperti perangkat lunak open source kode sumber tidak tersedia juga tidak ada infrastruktur masyarakat atau pembangunan yang mendukung kontribusi.Shareware adalah software yang dapat didownload dan dievaluasi secara gratis, tetapi pengguna harus membayar ketika shareware dikerahkan.

Apakah itu berarti pengembangan sumber terbuka adalah gratis?
No Kode ini gratis, tetapi setiap layanan profesional yang digunakan selama pengembangan adalah harga sama seperti jika menggunakan software komersial yang tersedia. Kebanyakan organisasi yang menggunakan open source, bagaimanapun, menyadari penghematan yang cukup besar di kehidupan proyek.

Dapatkah perangkat lunak open source mengandung adware, spyware atau virus?
Proyek open source secara konsisten bebas dari adware, spyware dan virus. Hal ini karena kode sumber tersedia untuk semua orang, jika pengembang adalah untuk menambahkan kode nakal untuk proyek itu akan segera terlihat oleh orang lain dalam masyarakat.

Apakah kualitas kode dikorbankan untuk inovasi?
Biasanya tidak. Inovasi berasal dari fakta bahwa sejumlah besar pengembang berkontribusi untuk proyek, yang berarti bahwa sejumlah besar pengembang menggunakan, dan karena itu pengujian proyek. Selain itu, karena proyek-proyek open source tidak dibatasi untuk jadwal rilis resmi, perbaikan bug yang tersedia segera. Selain itu, kelompok-kelompok seperti tim FuseSource menyediakan rilis produk open source yang telah diuji dan bersertifikat dan didasarkan pada proyek sumber terbuka

Adalah perangkat lunak open source aman untuk digunakan di back office?
Tentu saja. Linux dan MySQL telah membuktikan bahwa proyek open source kelas enterprise dan dapat digunakan dalam misi-kritis infrastruktur dan aplikasi.

Dengan semua kontribusi, bagaimana seseorang bisa yakin akan mendapatkan rilis stabil dan konsisten?
Untuk mengatasi masalah ini kelompok seperti tim FuseSource menawarkan diuji, bersertifikat dan nomor rilis produk open source yang mencakup kode dari proyek open source. Rilis ini terbuka dan tersedia tanpa biaya.

Apakah layanan profesional yang tersedia untuk proyek-proyek yang menggunakan perangkat lunak open source?
Banyak perusahaan menawarkan dukungan untuk proyek-proyek yang menggunakan perangkat lunak open source. Tim FuseSource, yang mengkhususkan diri mengembangkan infrastruktur SOA untuk organisasi TI Fortune 2000, menawarkan dukungan perusahaan yang sama untuk proyek-proyek berbasis FuseSource karena mereka menawarkan karena mereka produk komersial berlisensi.

Apa pembatasan lisensi perangkat lunak open source?
Ada berbagai lisensi open source, dan Open Source Initiative adalah sumber yang baik untuk informasi tentang topik ini. Dua umum lisensi open source termasuk:

Apache Lisensi Perangkat Lunak – memungkinkan penggunaan bebas dan distribusi perangkat lunak dan dokumentasi. Hal ini disukai oleh ISV yang menggabungkan perangkat lunak open source dalam produk mereka tersedia secara komersial.

GNU General Public License (GPL) / GNU Lesser General Public License (LGPL) – memungkinkan penggunaan bebas dari perangkat lunak dan dokumentasi, namun pengguna tidak dapat mendistribusikan dalam produk mereka sendiri.

Dapat proyek di inkubasi digunakan untuk aplikasi mission-critical?
Tentu saja. Apache kriteria untuk lulus proyek dari inkubasi dalam cara yang tidak mencerminkan kualitas kode. Hal ini mencerminkan status masyarakat dan apakah telah menempatkan dirinya sesuai dengan pedoman Apache.Mengembangkan dan pengorganisasian masyarakat membutuhkan waktu, sering 1,5 tahun dan lebih lama. Dalam waktu yang berarti, kode ini sering kualitas produksi dan cocok untuk digunakan perusahaan.

Seberapa luas menggunakan perangkat lunak sumber terbuka?
Laporan analis Kebanyakan dan survei industri yang konsisten dengan mengatakan bahwa adopsi open source adalah luas dan bahwa reaksi tersebut telah positif: penelitian terbaru IDC ditentukan bahwa perangkat lunak open source yang digunakan oleh lebih dari 70 persen dari semua pengembang di seluruh dunia, dan IDC wakil presiden senior global perangkat lunak penelitian Anthony Picardi mengklaim bahwa “dampak nyata dari open source adalah untuk mempertahankan inovasi di pasar perangkat lunak dewasa, sehingga memperpanjang masa manfaat aset perangkat lunak dan menghemat uang pelanggan.”