KIOSS UNDIP

Komunitas Open Source Software Universitas Diponegoro

9 Hal yang Perlu Dilakukan Sesudah Instalasi Ubuntu 12.04

| 0 comments

Sudahkah kamu mengunduh dan menginstalasi Ubuntu 12.04?
Ingin tahu apa yang biasa (dan perlu) dilakukan sesudah instalasi dan sebelum menggunakan Ubuntu?
Mari kita simak artikel ini :) !

1. Pelajari Fitur Baru

Berikut ini 10 fitur utama pada Ubuntu 12.04:

2. Cek Updates

Ubuntu 12.04 memang versi “hangat dari oven”, namun bukan berarti tidak tersedia berbagai perbaikan bug. Notifikasi updates tersedia pada bagian kanan atas Power Menu atau kamu bisa mengeceknya secara manual dari shortcut pada menu Launcher.

3. Instalasi Codecs

Suka mendengarkan musik, nonton video, atau multimedia lainnya dengan Ubuntu? Sayangnya Ubuntu tidak dapat menyediakannya secara langsung dengan alasan legalitas sehingga kamu perlu menginstalasinya sendiri.

Buka Ubuntu Software Centre lalu temukan gstreamer0.10-plugins-ugly dan gstreamer0.10-plugins-ffmpeg.

4. Kustomisasi Desktop

Ubuntu 12.04 menyediakan 14 wallpaper baru, diantaranya gambar ilustrasi pangolin, bunga, hewan, dan pemandangan. Fitur semi-transparan dari Unity dapat berubah warna menyesuaikan dengan wallpaper yang digunakan. Selain itu ada juga berbagai tema menarik yang elegan dan halus.

Fitur kustomisasi tersedia pada bagian Appearance di dalam menu System Settings.

5. Kelola Privasi

Pada Unity Dash terdapat rekaman kegiatan seperti daftar aplikasi yang pernah dijalankan, berkas(file) & map(folder) yang pernah dibuka, dan sebagainya. Kamu mungkin tidak ingin semua kegiatan tersebut ditampilkan.

Privacy control pada menu System Settings menyediakan pengaturan apa saja yang ingin kamu rekam dan apa yang menurutmu tidak perlu direkam.

6. Atur Akun Ubuntu One

Ubuntu One adalah ruang penyimpanan online gratis berkapasitas 5GB melalui layanan komputasi awan (cloud computing) yang tersedia bagi setiap pengguna Ubuntu sejak Mei 2009 atau Ubuntu 9.04.
Rugi kan jika tidak memanfaatkannya?

Bukalah menu Ubuntu One melalui ikon amplop pada sisi kanan atas lalu ikuti petunjuk pembuatan akun.

Jika kamu sudah memiliki akun pada instalasi Ubuntu sebelumnya, cukup lakukan sign-in sehingga semua berkas yang pernah disimpan dapat disinkronisasi pada desktop baru kamu.

7. Jelajahi Aplikasi Baru

Ubuntu Software Centre adalah rumah bagi ribuan aplikasi, mulai dari pemutar musik, permainan, hingga aplikasi kantoran.

Temukan aplikasi favoritmu!

8. Instalasi Google Chrome (atau Flash)

Mungkin kamu berpikir: “kan sudah ada Firefox?”

Masalahnya ada pada Adobe Flash Player. Beberapa bulan lalu, Adobe menyatakan bahwa Flash Player untuk Linux mulai versi 11.2 hanya akan tersedia melalui Pepper Plugin API yang menjadi salah satu fitur pada Google Chrome dan tidak akan tersedia unduhan langsung dari Adobe.

For Flash Player releases after 11.2, the Flash Player browser plugin for Linux will only be available via the “Pepper” API as part of the Google Chrome browser distribution and will no longer be available as a direct download from Adobe. Adobe will continue to provide security updates to non-Pepper distributions of Flash Player 11.2 on Linux for five years from its release.
Flash Player will continue to support browsers using non-”Pepper” plugin APIs on platforms other than Linux.

Dengan demikian, jika kamu menginginkan browser yang mendukung Flash versi terkini, Google Chrome adalah pilihannya.

Namun jika kamu tidak membutuhkan dukungan Flash terbaru, versi sebelum 11.2 masih tersedia. Temukan flashplugin-installer pada Ubuntu Software Centre.

9. Nikmati Ubuntu

Akhir kata, isi waktumu untuk menikmati Ubuntu versi terbaru ini.
Pergunakan Ubuntu seperti orang lain menggunakannya: buka Facebook dan nge-tweet dengan Firefox, chatting dengan Empathy, mengetik dengan LibreOffice, dengarkan musik dengan Rythmbox, dan sebagainya.

Jangan lupa ajak temanmu untuk mencoba Ubuntu!

 

Sumber : 10 Things to Do After Installing Ubuntu 12.04 (OMGUbuntu)

Leave a Reply