KIOSS UNDIP

Komunitas Open Source Software Universitas Diponegoro

Proxmox: Mudahnya Virtualisasi , mau?

| 2 Comments

KIOSS UNDIP, Virtualisasi/Virtualization adalah sebuah teknik untuk membuat Server/Komputer secara virtual, atau gampangnya di dalam komputer fisik terdapat beberapa komputer di dalamnya yang menggunakan Operating system bermacam-macam, tidak harus sama dengan server induk/fisiknya.

Kalau Sehari-hari kita mengenal tools/aplikasi bernama VirtualBox/VMWare di lingkungan Desktop, tidak beda jauh kalau nantinya beralih ke lingkungan server. Bedanya adalah begitu komputer hidup kita tidak harus menghidupkan satu persatu virtual server yang ada. Ada beberapa teknologi virtualisasi yang bisa digunakan di linux sebut saja OpenVZ,Xen,KVM, VirtualBox,UML, Bochs, dan lain sebagainya, adalah sebuah pilihan bagi Anda untuk memakai yang mana, tentunya masing-masing mempunyai karakter yang berbeda-beda.

Di sini kita akan memperkenal sebuah Tools/Software untuk memudahkan Anda dalam mejemen Virtualisasi. Anda mungkin sudah pernah mendengar beberapa tools populer yang ada,  di sini Saya perkenalkan dengan Proxmox(  http://proxmox.com ).

Proxmox VE (Virtual Environment) adalah sebuah distro  Linux virtualisasi berbasis Debian ( 64 bit) yang mengusung OpenZV dan KVM, dengan KVM kita tidak hanya bisa menginstall linux saja akan tetapi Operating system windows pun bisa kita instal. Namun yang membuat istimewa dari proxmox adalah kemudahan dalam installasi dan administrasi berbasis Web.

Untuk mendownload Installaer CD Proxmox di sini.

Beberapa keuntungan menggunakan Proxmox sebagai berikut :

  1. Kinerja terbaik.
  2. Instalasi yang telah dioptimalkan, sehingga lebih cepat.
  3. Mudah dalam manajemen.
  4. Cocok untuk kelas Enterprise.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan :

  1. Proxmox tersedia hanya untuk hardware 64-bit.
  2. Pada Proses installasi proxmox akan menggunakan seluruh ruang storage yang ada, ini artinya Anda harus menyediakan 1 Server/Komputer dengan HDD khusus hanya untuk proxmox saja.
  3. Installer CD Proxmox hanya bisa diinstall di Single HDD, jadi bagi Anda yang menginginkan kemanan data dengan 2 HDD ( RAID1 ), Anda bisa memanfaatkan RAID Software, dengan mengkonfigurasinya setelah proses installasi pada HDD pertama selesai.

Proxmox juga dilengkapi dengan VNC Viewer sehingga jika Anda menginginkan virtualisai dengan lingkungan Desktop seperti windows juga Xwindow linux.

Saat ini proxmox telah merilis versi terbarunya yaitu 1.9 yang bisa Anda lihat beberapa updatenya di sini.

 

Tampilan Proxmox

Tampilan Proxmox

Author: MazAmry

OB yang sehari-harinya ngepel, nyapu, dsb ... oprec ini-itu untuk kepentingan hajat orang banyak ( maaf agak lebay :D )

2 Comments

  1. apakah proxmox bisa jalan di mode CLI gan?

Leave a Reply